Usaha Ternak Paling Cepat Untung di Tahun 2018

6 Usaha Ternak Paling Cepat Untung di Tahun 2018

6 Usaha Ternak Paling Cepat Untung di Tahun 2018 – Di zaman sekarang ini memang sangat susah untuk mendapatkan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Bahkan ironisnya persaingan tenaga kerja setiap tahunnya mengalami peningkatan, akibat hal ini banyak tenaga kerja produktif yang tidak terpakai dan justru menganggur.

Logikanya begini, sekarang hampir semua pelajar memutuskan untuk melanjutkan pendidikan dan berlomba-lomba mendapatkan gelar sarjana. Coba pikir saja, setiap tahunnya satu kampus (universitas) menghasilkan seribu sampai dua ribu lulusan. Nah, masalahnya di Indonesia berapa jumlah universitas? Kemudian apakah semua lulusan itu akan menjadi tenaga kerja produktif?.

Akibat sempitnya lowongan pekerjaan itu, maka sebagai manusia ber akal jalan yang bisa kita tempuh ialah dengan membuka usaha sendiri. Kalau dipikir memang ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dikembangkan, tapi kenyataannya tidak semudah kelihatannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan rekomendasi usaha ternak paling cepat untung di tahun 2018 ini.

 

Kenapa memilih usaha ternak?

Pada dasarnya prospek usaha ternak jauh lebih menjanjikan dibandingkan bidang usaha lain. Akan tetapi masih banyak masyarakat indonesia mengabaikan bidang usaha yang satu ini. Yah memang kalau dilihat dari segi trend usaha ternak tidak begitu populer dan terkesan biasa, tapi jangan salah, banyak orang yang berhasil sukses lewat usaha ternak.

Kemudian ada banyak sekali keuntungan dari usaha ternak, di antaranya:

  • Bisa dijalankan/dilaksanakan dengan bekal ilmu seadanya,
  • Modal usaha ternak bervariasi, mulai dari modal kecil sampai modal besar,
  • Kebutuhan akan hewan ternak semakin hari kian melambung, contohnya saja daging,
  • Selain itu bidang usaha ternak selalu mendapat perhatian dari pemerintah.
  • Kebanyakan orang menganggap kalau usaha ternak hanya cocok dikembangkan di daerah perdesaan saja, padahal tidak.

 

6 Usaha Ternak Paling Cepat Untung di Tahun 2018

1 Ternak Burung Kicau

Ternyata ternak burung kicau mempunya peluang yang sangat menjanjikan. Seperti yang kita ketahui bahwa di Indonesia terdapat banyak sekali jenis burung, baik itu ras burung kicau maupun burung hias. Selain itu usaha yang satu ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, semua orang bisa menjalankan usaha ini asalkan ada kemauan.

Kemudian permintaan akan burung kicau selalu ramai karena sangat banyak sekali pecinta burung kicau di Indonesia. Ternak burung tidak memerlukan modal yang besar dan bisa juga dijadikan sebagai bisnis sampingan bagi anda yang mempunya rutinitas pekerjaan lain. Beberapa jenis burung yang populer dan banyak dibudidayakan saat ini diantaranya burung kenari, lovebird, murai batu, dan masih banyak lagi.

 

2 Ternak Ikan Hias

Sesuai dengan namanya, ikan hias adalah jenis ikan yang memiliki bentuk fisik indah dan menawan. Saat ini usaha ternak ikan hias mejadi begitu populer karena semakin banyak peminatnya. Apalagi ada beberapa jenis ikan hias yang harganya lumayan mahal sehingga menjadikan prospek usaha ini begitu bagus.

Ternak ikan hias bisa anda jadikan sebagai pilihan usaha yang layak dikembangkan. Bagi pemula yang ingin menggeluti bidang ini rasanya tidak terlalu sulit karena anda dapat dengan mudah memahami dasar-dasar ilmu budidaya ikan. Beberapa jenis ikan hias yang populer dibudidayakan saat ini diantaranya ialah ikan koi, ikan arwana, ikan cupang hias, ikan oscar dan lan-lain.

Rekomendasi Bacaan:

 

3 Ternak Ayam Bangkok

Ayam bangkok atau ayam aduan memiliki nilai jual yang cukup tinggi. Bagi para penghobi ayam bangkok, mereka tidak akan segan-segan untuk membeli satu ekor ayam dengan harga jutaan rupiah. Meskipun di Indonesia adu ayam dilarang, tapi popularitas ayam bangkok tidak bisa diragukan lagi.

Ternak ayam bangkok bisa dijadikan usaha sampingan anda. Anda hanya perlu memelihara ayam seperti biasa dan dengan sedikit perwatan khusus hingga ayam menjadi berkualias. Sudah banyak sekali yang berhasil menjalankan bisnis ayam bangkok ini dan sebagian dari mereka sudah memiliki peternakan khusus ayam aduan.

 

4 Ternak Jangkrik

Jika kita berbicara ternak jangkrik tentunya sebagian besar dari anda menganggap remeh usaha yang satu ini. Tapi kenyataannya tidak demikian, saat ini usaha ternak jangkrik semakin maju dan mempunyai permintaan yang tinggi. Hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kebutuhan akan pakan burung atau ternak lainnya. Kemudian ada pula sebagian kalangan yang menjadikan jagkrik sebagai olahan makanan.

Sangat menakjubkan bukan peluang usaha ternak jangkrik?., siapa sangka usaha ini begitu menjanjikan. Apalagi saat ini persaingan bisnis ini masih begitu rendah, artinya peluang budidaya jangkrik masih memiliki peluang lebar untuk ditekuni.

 

5 Ternak Cacing Sutera

Bisa dibilang ternak cacing sutera sudah dikembangkan sejak dulu. Akan tetapi, beberapa dekade belakangan ini usaha ternak cacing sutera hampir dilupakan. Sebenarnya cacing sutera memiliki prosepek yang sangat menjajikan. Seperti yang kita lihat sekarang, akibat kelangkaan cacing sutera menyebabkan kenaikan harga yang luar biasa.

Saat ini para pembisnis ikan hias mulai kewalahan untuk memenuhi stok cacing sutera untuk pakan ikan hias. Bagi ikan hias cacing sutera adalah pakan utama yang paling baik dibandingkan pakan yang lainnya. Nah karena itu usaha yang satu ini sangat layak untuk dikembangkan.

 

6 Ternak Kroto

Kroto adalah telur dan larva semut rangrang. Saat ini kebutuhan akan kroto semakin meningkat dan harga kroto per kilo lumayan mahal. Kroto atau telur semut rangrang biasanya dijadikan sebagai pakan burung kicau dan pakan ikan hias.

Bagi mereka para penghobi burung kicau dan ikan hias menganggab kroto sebagai kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi. Selain itu, budidaya kroto bisa dibilang sebagai usaha yang paling cepat untung, nah inilah yang menjadikan usaha ini patut dipertimbangkan.

Apakah anda tertarik untuk mencoba usaha ternak? Jika benar demikian maka beberapa daftar usaha ternak paling cepat untung di atas bisa anda jadikan sebagai pertimbangan.

(Visited 292 times, 2 visits today)
Gambar Gravatar
Penulis bukanlah Master Blogger, Melainkan hanya seorang pemula yang ingin sedikit berbagi pengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *