7 Usaha Ternak Paling Mudah dan Menghasilkan Cocok Bagi Pemula

Usaha ternak merupakan jenis usaha yang dapat dijalankan oleh siapapun dan tidak terbatas oleh pengalaman serta tingkat pendidikan. Ada banyak sekali usaha ternak yang paling mudah dan menghasilkan yang cocok bagi anda yang masih pemula, atau dalam artian belum punya pekerjaan. Banyak yang berangkapan bahwa usaha peternakan tidak mudah untuk ditekuni, apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah kota. Namun hal ini tidak sepenuhnya benar, saat ini sudah banyak orang yang tinggal di kota dan menjalankan bisnis ternak rumahan dan mereka bisa mendapatkan keuntungan yang fantastis.

Sebenarnya usaha ternak mempunyai banyak sekali keuntungan, diantaranya adalah dari segi modal yang relaif murah, tidak terikat oleh status pendidikan, mempunyai prospek yang baik dan masih banyak lagi keuntungannya. Nah apakah anda tertarik untuk mencoba usaha ternak? Jika anda tinggal di kota sebaiknya tidak usah risau karena ada banyak peluang usaha ternak yang bisa dikembangkan di lahan sempit. Terlepas dari itu bahwa usaha peternakan mempunyai potensi yang baik bagi masyarakat. Berikut ini adalah beberapa usaha ternak paling mudah dan menghasilkan yang cocok bagi pemula:

1 Ternak Ikan Lele

ternak ikan lele

Ternak ikan lele via ilmubudidaya.com

Apakah anda memiliki sedikit lahan di sekitar pekarangan rumah anda?, usaha ternak iklan lele adalah usaha yang memberikan peluang terbaik bagi anda. Budidaya ikan lele sangatlah cepat, hanya dalam waktu 2-3 bulan anda sudah bisa memanennya. Selain itu modal untuk pembelian bibit dan pakan lele tidak begitu mahal serta usaha ini bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan anda.

Banyak sekali peternak lele yang sukses dan anda bisa menjadikannya sebagai motivasi. Contohnya saja yang saat ini telah berkembang “peternakan lele dengan kolam terpal”. Ini adalah bukti semakin banyaknya inovasi di bidang peternakan yang pastinya lebih menghemat biaya perawatan.

2 Ternak Ayam Broiler

Ternak Ayam Broiler

Ternak ayam broiler via caraayam.com

Ayam Broiler adalah jenis ayam pedaging yang dimanfaatkan dagingnya (karkas) untuk dikonsumsi. Walaupun ternak ayam broiler terlihat bisnis yang biasa, tapi ternyata mempunyai potensi yang sangat bagus untuk mensejaterakan ekonomi masyarakat. Seperti yang kita ketahui di negara kita harga daging ayam semakin hari semakin mahal. Ini adalah peluang bisnis yang sebaiknya bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan.

Kauntungan dari ternak ayam broiler diantaranya ialah harga daging yang mahal, kebutuhan daging ayam tidak pernah terlepaskan dan penjualan ayam potong sangatlah mudah. Selain itu ada momen-momen tertentu dimana harga ayam melonjak naik, misal saat lebaran dan ketika momen-momen penting tertentu.

 

3 Ternak Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung

Ternak ayam kampng via felvidek.ma

Selanjutnya usaha ternak yang mudah dan menguntngkan adalah ternak ayam kampung. Tidak berbeda dengan ayam broiler, ternak ayam kampung lebih mudah untuk dikembangkan karena perawatannya tidak begitu sulit. Selain itu yang menjadi kelebihan ayam kampung yaitu dimana ayam kampung lebih kebal terhadap penyakit, jadi resiko kerugian akibat kematian jauh lebih rendah.

Ayam kampung memiliki potensi penjualan yang sangat tinggi. Banyak sekali pihak yang membutuhkan daging ayam kampung, diantaranya adalah masyarakat umum, restoran, rumah makan dan masih banyak lagi segmentasi pasar untuk ayam kampung.

 

4 Ternak Lovebird

Ternak Lovebird

Ternak lovebird via lovebirdbreeding.blogspot.com

Burng lovebird atau yang populer dengan sebutan burung cinta merupakan jenis burung peliharaan yang banyak dibudidayakan. Karena semakin banyak penggemar burung membuat prospek ternak burung lovebird begitu menjanjikan. Selain itu burung yang satu ini mempunyai suara kicau dan bagus sehingga sering digunakan sebagai burung kontes kicau.

Bagi Anda yang tertarik memulai usaha ternak maka tidak ada salahnya untuk mencoba ternak lovebird. Harga jual burung lovebird bisa dibilang lumayan mahal untuk kategori burung kicau. Selain itu modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar sehingga usaha ini sangat cocok dijadikan sebagai usaha rumahan.

 

5 Ternak Burung Kenari

Ternak Burung Kenari

Ternak burung kenari via petcha.com

Tidak berbeda dengan Lovebird, ternak burung kenari juga mempunyai potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Burung kenari memiliki beranekargam jenis, mulai dari kenari lokal hingga burung kenari import. Burung ini juga sering diikutkan dalam perlombaan atau kontes burung kicau. Kemudian yang menarik dimana produktivitas burung kenari sangat baik sehingga cocok untuk dibudidayakan.

Target pemasaran burung kenari begitu luas, yaitu para penghobi burung, pengepul bibit kenari, toko hewan peliharaan dan para kolektor burung. Bagi anda yang tertarik untuk mencoba usaha ini bisa langsung membeli sepasang burung kenari yang sudah berjodoh dan mulai membudidayakannya.

 

6 Ternak Burung Merpati

Ternak Burung Merpati

Ternak burung merpati via arenahewan.com

Burung merpati adalah jenis burung peliaraan yang jinak dan unik. Usaha ternak burung kenari sangatlah menjanjikan untuk anda yang memiliki pekerjaan utama. Jadi budidaya merpati dapat dijadikan sebagai usaha sampingan. Menariknya burung kenari bisa dijual sebagai burung peliharaan dan juga bisa dijual untuk kebutuhan konsumsi.

Untuk memulai usaha ternak burung merpati tidaklah sulit karena anda dapat membudidayakannya menggunakan dua sistem. Pertama sistem umbaran, yaitu cara budidaya dengan melepas liar burung merpati di sekitar rumah. Karena burung ini adalah burung yang jinak jadi tidak masalah kalau diumbar. Kemdian yang kedua adalah budidaya dengan kandang, yaitu burung merpati dibudidayakan di dalam kandang.

 

7 Ternak Ikan Hias

Ternak Ikan Hias

Ternak ikan hias via kompasiana.com

Jika anda ingin memulai usaha ternak paling mudah dan menguntungkan maka tidak ada salahnya untuk mencoba ternak ikan hias. Bisnis budidaya ini sangat cocok untuk anda yang kekurangan lahan, jadi modal awal yang harus dipersiapkan adalah kolam budidaya ikan hias. Bahkan ada beberapa pengusaha ikan hias yang justru membudidayakan ikan hanya dengan aquarium !.,, nah bukankah ini sebuah terobosan terbaru dalam dunia ternak ikan hias?.

Ada beragam jenis ikan hias yang bisa dibudidayakan, misalnya saja ikan louhan, ikan koi, arwana dan yang paling mudah adalah budidaya ikan cupang. Selanjutnya anda hanya tinggal memperhitungkan modal awal seperti modal untuk membeli bibit, pakan, peralatan dan perlengkapan lainnya.

 

Pada dasarnya terdapat banyak sekali usaha yang gampang untuk dikembangkan, jadi dalam hal ini tinggal bagaimana cara anda untuk melihat peluang yang menjanjikan. Demikian tulisan mengenai usaha ternak paling mudah dan menghasilkan, semoga bermanfaat dan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Related Posts

About The Author

Add Comment